Tuesday, May 10, 2011

Rumah Sakit Unik, Bisa Terbang

Orbis atau yang biasa disebut Rumah Sakit Melayang adalah sebuah pesawat yang secara khusus dibuat untuk mengelilingi dunia untuk melatih para ahli perawatan mata dan mengobati pasien yang kurang mampu di negara-negara berkembang.


Dioperasikan oleh organisasi nirlaba sejak tahun 1994, pesawat ini memiliki ruang khusus yang menangani masalah perawatan mata dan juga memiliki fasilitas mengajar untuk melatih para ahli perawatan.


Selain dipersenjatai dengan mesin jet, pesawat ini juga berisi dokter lokal, perawat dan teknisi yang bekerja bersama tim medis Orbis internasional untuk pertukaran pengetahuan dan meningkatkan keterampilan. Sekolah rumah sakit mobile ini merupakan alat yang unik dalam memerangi masalah kebutaan yang dialami di negara-negara berkembang seperti Indonesia.


Sejak program pertama pada tahun 1982, Rumah Sakit Mata Orbis telah mengunjungi ke lebih dari 70 negara dan mengobati penglihatan jutaan orang. Dengan cara melatih dokter lokal dan para ahli perawatan mata, yang pada akhirnya akan mengajar rekan-rekan mereka, Orbis - sebuah organisasi kemanusiaan internasional nirlaba - adalah memperkuat kemampuan masyarakat perawatan kesehatan lokal dalam pencegahan dan pengobatan kebutaan.

No comments:

Post a Comment